Manfaat Perdagangan Omnichannel


1. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Apa yang diharapkan pelanggan Anda? Nomor satu dalam daftar adalah pengalaman terpadu atau integrated.

Menurut UC Today, 9 dari 10 konsumen menginginkan pengalaman omnichannel dengan layanan tanpa batas antar metode komunikasi.

Karena jumlah poin kontak meningkat, begitu juga kebutuhan akan integrasi yang mulus dari satu poin kontak ke poin kontak lainnya.

Baik itu iklan sosial, buletin email, pemberitahuan push seluler, konversi dengan chatbot Anda, atau obrolan tatap muka dengan staf toko Anda.

Dengan mendobrak dinding antara saluran dalam bisnis, konsumen diberdayakan untuk berinteraksi dengan perusahaan dengan cara yang terasa alami bagi mereka.

2. Peningkatan penjualan dan lalu lintas

Membuat strategi penjualan Anda tahan omnichannel tidaklah sesederhana itu. Tapi itu pasti akan sepadan dengan waktu dan uang Anda.

Sebuah studi terhadap 46.000 pembeli menunjukkan bahwa pelanggan omnichannel menghabiskan lebih banyak uang daripada pelanggan saluran tunggal.

Dan dengan setiap saluran tambahan yang mereka gunakan, pembeli omnichannel menghabiskan lebih banyak uang di toko.

Pelanggan yang menggunakan 4+ saluran menghabiskan rata-rata 9% lebih banyak di toko dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan satu saluran tunggal.


3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan omnichannel tidak hanya menghabiskan lebih banyak uang, mereka juga lebih loyal terhadap merek Anda.

Studi yang sama menunjukkan bahwa dalam 6 bulan setelah pengalaman belanja omnichannel, pelanggan ini telah mencatat 23% lebih banyak perjalanan belanja berulang ke toko pengecer.

Mereka juga lebih cenderung merekomendasikan merek tersebut kepada keluarga dan teman daripada mereka yang menggunakan satu saluran.

Dengan kisah merek yang menarik, Anda dapat berhenti mendorong kupon diskon, kampanye penjualan menengah, dan trik pemasaran tradisional lainnya. Fokus pada loyalitas pelanggan dan merek Anda akan aman.

Artinya, strategi omnichannel tidak hanya akan meningkatkan penjualan, tetapi juga akan meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. Kedengarannya bagus, bukan?

4. Pengumpulan Data yang Lebih Baik

Pengecer yang dapat melacak pelanggan mereka melalui saluran yang berbeda dapat melayani konsumen mereka dengan lebih baik dengan pengalaman yang lebih dipersonalisasi.

Pendekatan omnichannel memungkinkan bisnis anda memperoleh wawasan tentang cara membuat konten dan penawaran yang akan mendorong pelanggan mereka untuk lebih terlibat dalam berbelanja - tidak hanya secara online tetapi juga di toko fisik.


Bagaimana Anda Membuat Strategi Omnichannel yang Luar Biasa?

Mengubah strategi saluran tunggal Anda, dari hanya web atau hanya toko, menjadi pengalaman multisaluran atau bahkan omnichannel membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan sumber daya.

Tapi itu sangat berharga untuk dijalankan.


5 langkah memulai strategi saluran omnichannel 1. Kenali pelanggan Anda:

Jangan membuat asumsi. Teliti minat, perilaku, dan kebutuhan audiens target Anda. Ajukan pertanyaan kepada mereka, undang umpan balik pelanggan dan manfaatkan media sosial dan alat mendengarkan sosial.

2. Pilih saluran yang tepat:

Cari tahu di mana pelanggan Anda dan apa yang mereka lakukan.

3. Pilih tujuan yang jelas per saluran:

Satu saluran terutama untuk interaksi, saluran lainnya untuk pembaruan berita, dan sebagainya.

4. Hubungkan semua saluran:

Ini adalah bagian yang sulit dan hanya berfungsi jika Anda menjalankannya dengan sempurna (khusus omnichannel). Anda memerlukan teknologi yang tepat untuk mengikuti pelanggan Anda di semua titik kontak: mulai dari membaca ulasan di situs web Anda, melihat iklan sosial, window shopping di pasar online hingga akhirnya membeli di toko fisik Anda.

5. Kelola saluran Anda:

Tidak ada waktu untuk bersandar, terus menguji dan meningkatkan strategi Anda. Dokumentasikan poin kontak ini dengan baik untuk melayani pelanggan Anda dengan sebaik-baiknya. Dengan cara ini, Anda akan menciptakan pelanggan setia yang terus kembali lagi.


Apakah Anda Siap menggunakan Omnichannel ?


Mengikuti dunia perdagangan yang terus berubah tidaklah mudah.

Saat ini, semakin banyak merek yang mengeksplorasi manfaat omnichannel. Beralih dari perdagangan saluran tunggal atau multisaluran ke perdagangan omnichannel membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Tapi itu semua akan sia-sia.

Ringkasan singkat tentang perbedaan antara perdagangan saluran tunggal, multisaluran, dan omnichannel:

Perdagangan saluran tunggal menjual melalui satu saluran penjualan, misalnya sebagai bisnis hanya toko atau hanya web

· Perdagangan multisaluran beroperasi di banyak saluran, baik online maupun offline

· Perdagangan multisaluran menghubungkan titik-titik di antara semua saluran, menawarkan pelanggan pengalaman tanpa batas di semua platform


Apakah bisnis Anda siap diperkenalkan ke perdagangan omnichannel? Siap atau tidak, setelah membaca postingan blog ini Anda bisa merasa percaya diri untuk menjalankannya.

4 tampilan

Dapatkan

tarif murah
SIP-GSM-PSTN trunk

Garansi lebih murah dari vendor existing

PT Artatel Indokarya 
Jl Fatmawati Raya no 20, Ruko Fatmawati Mas
Blok B1/114 Jakarta Selatan  Indonesia 12430

WA (only) +6281510704000  Ph: 

ASIA Frontier Co., Ltd
#903, 1-6-41, Kamisuizenji, Chuo-ku Kumamoto-shi
862-0951 JAPAN
TEL 096-365 1192
FAX 096 365 1190

  • Facebookicon-min
  • Twitter-min
  • Youtube-min
  • Pinterest-min-removebg-preview-min (1)
  • Tumbler-min
  • IG-min

©2019 by PT Artatel Indokarya.

whats_app.png