Apa Itu PSTN dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pada artikel ini, kita akan melihat jaringan telepon PSTN secara rinci, yang mencakup semua aspek, mulai dari pengaturan dasar dan cara kerja teknologi hingga beberapa alasan penurunan penggunaan global, bersama dengan gambaran umum beberapa alternatif modern untuk PSTN .


Jadi, Apakah PSTN itu? (Jaringan Telepon Publik)

PSTN adalah singkatan dari Public Switched Telephone Network, atau jaringan telepon circuit-switched konvensional. Ini adalah sistem yang telah digunakan secara umum sejak akhir tahun 1800-an.

Menggunakan kabel tembaga bawah tanah, platform warisan ini telah menyediakan sarana yang andal bagi bisnis dan rumah tangga untuk berkomunikasi dengan siapa pun di seluruh dunia selama beberapa generasi.

Telepon itu sendiri dikenal dengan beberapa nama, seperti PSTN, sambungan telepon rumah, Layanan Telepon Lama Biasa (POTS), atau telepon sambungan tetap.

Telepon PSTN banyak digunakan dan secara umum masih diterima sebagai bentuk komunikasi standar. Namun, mereka telah melihat penurunan yang stabil selama dekade terakhir.

Faktanya, saat ini hanya ada 972 juta langganan telepon tetap yang digunakan di seluruh dunia, penghitungan terendah sepanjang abad ini.


Bagaimana Cara Kerja Saluran Telepon PSTN?

Bayangkan Public Switched Telephone Network (PSTN) sebagai kombinasi jaringan telepon yang digunakan di seluruh dunia, termasuk saluran telepon, kabel serat optik, pusat switching, jaringan seluler, serta satelit dan sistem kabel. Telepon bantuan ini berkomunikasi satu sama lain.


Kabel telkom PSTN

Sederhananya, ketika Anda memanggil nomor telepon, panggilan Anda bergerak melalui jaringan untuk mencapai tujuannya - dan dua telepon terhubung. Untuk memahami sepenuhnya bagaimana POTS sebenarnya bekerja, pertimbangkan apa yang terjadi ketika Anda memanggil nomor dari telepon Anda sendiri.

Langkah # 1 - Perangkat telepon Anda mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik. Sinyal-sinyal ini kemudian dikirim ke terminal melalui kabel.

Langkah # 2 - Terminal mengumpulkan sinyal listrik dan mengirimkannya ke kantor pusat (CO).

Langkah # 3 - Kantor pusat merutekan panggilan dalam bentuk sinyal listrik melalui kabel serat optik. Saluran serat optik kemudian membawa sinyal-sinyal ini dalam bentuk pulsa cahaya ke tujuan akhirnya.

Langkah # 4 - Panggilan Anda dialihkan ke kantor tandem (hub regional yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan panggilan ke kantor pusat yang jauh) atau kantor pusat (untuk panggilan lokal).

Langkah # 5 - Ketika panggilan Anda mencapai kantor yang benar, sinyal diubah kembali menjadi sinyal listrik dan kemudian dialihkan ke terminal.

Langkah # 6 - Terminal merutekan panggilan ke nomor telepon yang sesuai. Setelah menerima panggilan, pesawat telepon mengubah sinyal listrik kembali menjadi gelombang suara.

Ini mungkin terdengar rumit, tetapi hal yang perlu diingat adalah dibutuhkan beberapa detik agar panggilan Anda mencapai tujuannya. Proses ini difasilitasi dengan menggunakan kabel serat optik dan jaringan pusat switching global.


PSTN - Memahami Seni tentang Switching

Anda bisa mengatakan bahwa PSTN adalah tentang peralihan, yang merupakan tulang punggung jaringan telepon tradisional. Saat panggilan dilakukan, sakelar membuat sirkuit kabel antara dua telepon, dengan koneksi khusus ini berlangsung selama durasi panggilan.

Sekarang, mari kita lihat masing-masing dari empat jenis peralihan yang terjadi pada level yang berbeda.

1. Bursa Lokal

Bursa lokal - yang mungkin terdiri dari satu atau lebih bursa - menghubungkan pelanggan ke saluran PSTN. Juga dikenal sebagai kantor pusat atau pertukaran switching, pertukaran telepon dapat memiliki sebanyak 10.000 saluran.

Semua telepon terhubung ke bursa lokal di area tertentu. Menariknya, jika Anda menghubungi nomor pemasok Anda yang terletak di gedung sebelah Anda, panggilan tersebut tidak akan meninggalkan bursa lokal Anda dan akan dialihkan ke pemasok segera setelah mencapai bursa.

Pertukaran kemudian mengidentifikasi nomor yang dihubungi sehingga dapat mengarahkan panggilan ke tujuan akhir yang benar. Proses ini bekerja sebagai berikut:

Tiga digit pertama nomor telepon mewakili bursa (tombol lokal), sedangkan empat digit terakhir mengidentifikasi pelanggan individu dalam bursa itu.

Ini berarti bahwa ketika Anda memanggil nomor dan mencapai pertukaran lokal Anda, panggilan Anda langsung terhubung ke pelanggan tanpa perlu perutean lebih lanjut.

2. Kantor Tandem

Juga dikenal sebagai jaringan persimpangan, kantor tandem melayani area geografis yang luas yang terdiri dari beberapa pertukaran lokal sambil mengelola sakelar di antara pertukaran lokal.

Misalkan Anda menghubungi nomor klien yang tinggal di kota yang sama tetapi di pinggiran kota lain. Dalam hal ini, panggilan Anda akan dialihkan ke kantor tandem dari bursa lokal Anda, dan kantor tandem akan mengarahkan sinyal ke bursa lokal di dekat lokasi klien Anda.

3. Kantor Tol

Di sinilah setiap perpindahan jarak jauh nasional terjadi.

Sebuah kantor tol terhubung ke semua kantor tandem. Misalnya, jika Anda memiliki kantor di kota lain, Anda akan menemukan bahwa, setiap kali Anda menghubungi nomor cabang itu, panggilan Anda akan dialihkan melalui kantor tol.

4. Gerbang Internasional

Gerbang internasional mengelola peralihan panggilan internasional, merutekan panggilan domestik ke negara yang sesuai.

PSTN - Berapa Biayanya?

Berapa tepatnya biaya yang harus Anda keluarkan jika Anda akan memasang dan menggunakan sistem telepon PSTN di rumah atau kantor Anda?

Biaya untuk Konsumen

Jika Anda memerlukan koneksi telepon PSTN di rumah Anda, Anda harus memiliki satu set telepon dan penyedia PSTN.


PBX

Organisasi besar dengan 40 atau lebih karyawan biasanya menggunakan Private Branch Exchange (PBX). PBX mengubah organisasi Anda menjadi pertukaran lokal di mana semua telepon di organisasi Anda terhubung dan Anda dapat menikmati berbagai layanan seperti transfer panggilan, konferensi panggilan, penjawab otomatis, pesan suara, penahanan panggilan, dan banyak lagi.

PBX terhubung ke bursa lokal Anda. Ini merutekan panggilan eksternal ke pertukaran lokal sementara semua panggilan internal dialihkan oleh PBX Anda.


Sebuah PBX adalah kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras, sehingga akan dikenakan biaya beberapa dolar serius. Muncul dengan hub, sakelar, adaptor telepon, router , dan beberapa set telepon. Ini seperti membuat pertukaran kecil Anda sendiri di mana PBX Anda menangani sakelar secara internal.

Sebagian besar bisnis menggunakan sistem telepon PBX untuk mengelola panggilan karena lebih mudah. Namun, menginstal dan mengelola PBX itu mahal. Biaya sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada jumlah fitur yang Anda inginkan dan kompleksitas PBX. PBX yang masif, kompleks, dan kaya fitur akan membebani bisnis Anda lebih dari sekadar sistem PBX sederhana dengan hanya beberapa kemampuan dasar.

Ini membuat telepon PSTN sangat mahal. Itu adalah alasan utama mengapa sebagian besar bisnis tidak menyukainya dan semakin beralih ke sistem telepon alternatif.


Alternatif untuk PSTN?

Layanan Telepon Lama Biasa memiliki banyak fitur yang kuat, tetapi dalam hal bisnis, POTS cenderung tidak cocok karena memilih opsi ini menghabiskan banyak biaya dalam jangka panjang (dan jangan lupa bahwa layanan ini berjalan pada teknologi lama. ).

Bagaimanapun, teknologi switching itu sendiri tidak banyak berubah sejak abad terakhir. Ini, adalah potensi kelemahan jaringan telepon PSTN karena tidak memungkinkan Anda untuk mengirimkan tipe data lain.

Terlebih lagi, kelemahan ini telah menyebabkan layanan telepon baru dan modern yang dikenal sebagai VoIP, yang terbukti menjadi pengubah permainan dalam industri telepon.

Voice Over Internet Protocol (VoIP) dianggap sebagai alternatif paling terkenal untuk sistem PSTN karena tidak hanya hemat biaya tetapi juga memiliki beberapa manfaat lain yang disukai oleh bisnis (dan konsumen).

VoIP adalah transmisi suara dan data lainnya melalui jaringan protokol internet. Perangkat telepon VoIP Anda terhubung ke DSL atau modem kabel yang menghubungkan Anda ke Internet.

“Bisnis mencatat telah menabung hingga 75% setelah beralih ke VoIP dan mereka dapat menikmati beberapa manfaat tambahan seperti peningkatan produktivitas, pertumbuhan, komunikasi karyawan yang lebih baik, peningkatan keterlibatan karyawan, kontrol yang lebih baik, layanan pelanggan yang unggul, dan banyak lagi, ” kata salah satu analis industri.

Mari kita gali lebih dalam dan lihat apa itu VoIP dan apa bedanya dengan PSTN.


Apa itu VoIP?

VOIP singkatan dari Voice over Internet Protocol (VoIP) juga dikenal sebagai telepon IP, telepon broadband, atau telepon internet — tetapi artinya sama: suara Anda ditransmisikan melalui internet. Sinyal suara diubah menjadi sinyal digital dan kemudian dikirimkan melalui internet dan mencapai tujuan.


Tidak seperti PSTN, VoIP menggunakan internet di mana Anda tidak harus bergantung pada kabel kabel. Tidak perlu pertukaran apa pun jika Anda melakukan panggilan VoIP ke VoIP. Namun, jika Anda menghubungi nomor PSTN dari VoIP, panggilan Anda akan dikirim melalui pertukaran. Ini berfungsi untuk semua jenis panggilan, transfer data, dan lainnya.

Jadi, bagaimana cara kerja jaringan telepon VoIP, dan apa bedanya dengan telepon rumah tradisional?


PSTN menggunakan circuit switching (atau switching) untuk menghubungkan panggilan (seperti dibahas di atas). Bisnis sistem telepon VoIP menggunakan packet switching. Jenis pensaklaran ini lebih efisien daripada pensaklaran rangkaian karena data dikirim dan diterima jika diperlukan. Koneksi konstan tidak dipertahankan selama durasi panggilan.

Plus, VoIP tidak menggunakan jalur khusus. Sebagai gantinya, paket data menggunakan router dan internet, dan setiap paket data berjalan melalui jalur yang paling tidak padat dan terpendek.


Tiang dan Kabel telkom PSTN

Ketika Anda memanggil nomor dari telepon VoIP Anda, sinyal suara diubah menjadi data digital oleh telepon IP. Data digital dikirim ke router. Router mengirimkan paket ke router terdekat ke penerima dan koneksi selesai.

Karena packet switching efisien dan hemat biaya, VoIP digunakan secara luas oleh bisnis. Sebanyak 31% dari semua bisnis menggunakan sistem telepon VoIP karena teknologinya menurunkan biaya dan meningkatkan produktivitas.

Tapi ini belum semuanya, ada banyak perbedaan antara PSTN dan VoIP. Mari kita lihat lebih dekat.


Mengapa Bisnis Lebih Memilih VoIP Dibanding PSTN?

Perbedaan yang dibahas di atas memberikan dasar yang kokoh tentang mengapa bisnis lebih memilih VoIP, tetapi ada manfaat lain yang akan diperoleh bisnis Anda dari pergeseran tersebut.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa VoIP adalah pilihan yang lebih baik untuk bisnis Anda pada hari tertentu.

1. Penghematan Biaya

Peralihan ke VoIP dari jaringan telepon PSTN memakan biaya karena Anda harus melepaskan perangkat keras yang ada, yang tidak berguna saat Anda melakukan peralihan.

Tapi pebisnis tidak segan-segan menanggung biaya ini, kenapa?

Karena mereka bisa menghemat uang dalam jangka panjang.

VoIP menurunkan biaya panggilan lokal hingga 60%.

Dan begitu Anda beralih ke VoIP dari PSTN, bisnis Anda berpotensi menghemat sebanyak 60% setiap bulan. Artinya, harga telepon VoIP bisa 60% lebih murah daripada telepon PSTN, jadi tidak ada salahnya menanggung biaya awal yang tinggi.

2. Layanan Pelanggan yang Lebih Baik


Pelanggan Anda

Ini bukan tentang fitur-fiturnya, ini semua tentang bagaimana Anda menggunakannya.

Sistem telepon VoIP Anda dilengkapi dengan beberapa fitur tanpa biaya. Bisnis Anda dapat menggunakan fitur ini untuk meningkatkan layanan pelanggan dan pada akhirnya mendapatkan keunggulan kompetitif.


Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur penerusan panggilan untuk merutekan panggilan ke karyawan yang tersedia sehingga pelanggan Anda tidak perlu menunggu.

Bahkan jika Anda memiliki tim kecil di kantor Anda dan Anda memiliki bisnis kecil, VoIP dengan fitur-fiturnya yang luar biasa dapat membuat bisnis Anda terlihat lebih besar. Pikirkan dampaknya pada pelanggan Anda ketika mereka tidak perlu menunggu panggilan atau ketika panggilan mereka secara otomatis dihadiri atau ketika panggilan mereka diterima oleh penjual Anda saat dalam perjalanan melalui softphone.

Inilah yang diinginkan pelanggan Anda. Statistik menunjukkan bahwa 87% konsumen ingin merek berusaha keras untuk menciptakan pengalaman yang mulus bagi pelanggan, dan separuh konsumen berharap mendapatkan tanggapan dari bisnis dalam waktu 24 jam.


3. Produktivitas yang Lebih Baik

Jadi apa yang terjadi jika Anda memiliki pelanggan yang puas?

Karyawan Anda puas, dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas mereka.

VoIP memiliki hubungan langsung dengan peningkatan produktivitas.

Sistem telepon VoIP membantu karyawan Anda berkomunikasi satu sama lain secara lebih efektif ke mana mereka dapat menjangkau mereka pada percobaan pertama. Mereka tidak lagi harus menunggu tanggapan dari departemen lain.


4. Skalabilitas

Ketika bisnis Anda berkembang, Anda akan merekrut karyawan baru dan Anda akan membutuhkan telepon baru. Di sinilah VoIP adalah penyelamat hidup. Sangat murah untuk menambahkan koneksi baru saat bisnis Anda berkembang. Bahkan, Anda dapat melakukannya secara instan tanpa perlu mengupgrade perangkat keras apa pun.

Jika Anda tidak mampu membeli perangkat telepon baru, Anda dapat menggunakan telepon lunak yang dapat digunakan karyawan Anda di komputer, telepon pintar, atau laptop mereka.

Penskalaan jaringan telepon VoIP sangat mudah dibandingkan dengan jaringan PSTN di mana Anda akan membutuhkan banyak sumber daya.


PSTN - Pertanyaan yang Sering Diajukan FAQ

Berikut adalah beberapa FAQ terkait jaringan telepon PSTN dan VoIP yang akan membantu Anda beralih dari PSTN ke VoIP di organisasi Anda.


1. Bisakah Telepon PSTN Bekerja dengan VoIP?

Ya bisa. Anda dapat menggunakan Adaptor Telepon Analog (ATA), yang akan mengubah perangkat telepon tradisional Anda menjadi perangkat telepon digital. Ini kemudian dapat digunakan dengan sistem telepon VoIP Anda.


Namun, Anda tidak akan bisa mendapatkan akses ke semua fitur dan add-on jaringan VoIP Anda dengan jenis telepon rumah ini. Cara terbaik adalah menggunakan telepon berkemampuan SIP untuk mendapatkan akses ke semua fitur. Bagaimanapun, ini semua tentang fitur, jadi apa gunanya memiliki jaringan VoIP jika Anda tidak ingin menggunakan fitur tambahan apa pun?


2. Bagaimana Saya Tahu Berapa Banyak Bandwidth yang Saya Miliki?

Salah satu prasyarat untuk beralih ke VoIP adalah memiliki bandwidth yang cukup.

Anda membutuhkan 0,1 mbps per perangkat. Jadi, jika Anda membutuhkan 100 perangkat, Anda harus memiliki bandwidth 10 mbps.


3. Peralatan Apa yang Saya Butuhkan untuk VoIP?

Anda memerlukan koneksi internet yang andal, perangkat berkemampuan SIP, dan penyedia VoIP seperti Artatel . Tim layanan pemenang penghargaan kami dapat memberi Anda set telepon dan semua jenis dukungan.


4. Apakah Karyawan Saya Membutuhkan Pelatihan untuk Menggunakan VoIP?

Tidak, tidak sama sekali. Mereka dapat segera memulai tanpa pelatihan apa pun. Anda menggunakan telepon yang mendukung SIP seperti telepon tradisional Anda, jadi siapa pun dapat menggunakannya.


5. Bagaimana Saya Bisa Beralih ke VoIP?

Anda harus menghubungi penyedia layanan VoIP yang andal - Artatel dapat membantu!


Kesimpulan

Tidak peduli seberapa besar Anda mencintai sistem telepon PSTN Anda, teknologinya sudah kuno dan kemungkinan besar tidak sejalan dengan bisnis Anda.

Jika Anda menyukai bisnis Anda dan ingin mengembangkannya, Anda perlu beralih ke sistem telepon VoIP. Telepon POTS memang bagus, tetapi tidak cocok untuk layanan VoIP — pastikan Anda memilih opsi yang tepat.

20 tampilan

Dapatkan

tarif murah
SIP-GSM-PSTN trunk

Garansi lebih murah dari vendor existing

PT Artatel Indokarya 
Jl Fatmawati Raya no 20, Ruko Fatmawati Mas
Blok B1/114 Jakarta Selatan  Indonesia 12430

WA (only) +6281510704000  Ph: 

ASIA Frontier Co., Ltd
#903, 1-6-41, Kamisuizenji, Chuo-ku Kumamoto-shi
862-0951 JAPAN
TEL 096-365 1192
FAX 096 365 1190

  • Facebookicon-min
  • Twitter-min
  • Youtube-min
  • Pinterest-min-removebg-preview-min (1)
  • Tumbler-min
  • IG-min

©2019 by PT Artatel Indokarya.

whats_app.png