Apa Itu CRM dan Bagaimana Cara Kerja nya?


Customer relationship management atau Manajemen hubungan pelanggan ( CRM ) adalah proses mengelola interaksi dengan pelanggan yang sudah ada serta pelanggan masa lalu dan potensial secara komprehensif. Ini adalah salah satu dari banyak pendekatan yang berbeda yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan menganalisis interaksi sendiri dengan masa lalu, saat ini dan potensi pelanggan. Hal ini menggunakan analisis data tentang riwayat pelanggan dengan perusahaan untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan, khususnya berfokus pada retensi pelanggan dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan penjualan

Salah satu aspek penting dari pendekatan CRM adalah sistem mengumpulkan data CRM dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda, termasuk situs web perusahaan, telepon, email, obrolan langsung, materi pemasaran, dan yang terbaru, media sosial. Melalui pendekatan CRM dan sistem yang digunakan untuk memfasilitasi itu, bisnis mempelajari lebih lanjut tentang audiens target mereka dan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka.


Metode penyimpanan data pelanggan ini tidak hanya melibatkan banyak pekerjaan manual, tetapi juga berarti informasi tidak didistribusikan dengan benar ke seluruh bisnis (antara departemen penjualan dan pemasaran, misalnya), yang sering kali menyebabkan hilangnya peluang bisnis.

Dengan diperkenalkannya Internet, muncul gelombang platform teknologi pemasaran (MarTech) baru untuk membantu perusahaan membuat, mengelola, dan melacak hubungan pelanggan dalam bentuk manajer hubungan pelanggan (CRM) .


Apa itu Software aplikasi Customer Relationship Manager (CRM)?

Sebuah platform manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah bagian dari perangkat lunak yg dikelola atau yang digunakan perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan, menyimpan informasi tentang mereka, dan mengotomatiskan sejumlah proses yang terhubung dengan perjalanan pelanggan melalui saluran pemasaran dan penjualan. Sistem CRM adalah alat yang sangat penting bagi setiap perusahaan, membantu menumbuhkan loyalitas pelanggan dan menempanya menjadi pendapatan yang sehat.


Apa yang Dilakukan CRM?

Pada tingkat paling dasar, perangkat lunak CRM memungkinkan pemasar dan tenaga penjualan untuk mengelola dan menganalisis hubungan dengan pelanggan aktual dan potensial perusahaan. Ini memungkinkan pelacakan setiap interaksi dengan perusahaan dan mengumpulkan informasi tentang pelanggan. Dengan cara ini, ketika berbicara dengan pelanggan, pemasar selalu tahu siapa mereka dan melihat riwayat mereka dengan perusahaan. Ini membuat interaksi lebih personal, meningkatkan kemungkinan konversi, dan mendorong kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

CRM mencakup fungsi yang memungkinkan Anda melacak interaksi pelanggan / perusahaan melalui berbagai titik kontak yang tersedia, termasuk yang dari:

  • Formulir kontak

  • Mesin pencari

  • Email

  • Panggilan telepon

  • Media sosial

Perangkat lunak ini menangani proses tertentu — ia dapat menawarkan otomatisasi tugas berulang pemasar, menyetel pengingat untuk peristiwa penting, dan menampilkan peringatan jika ada hal-hal yang benar-benar membutuhkan perhatian. Beberapa CRM juga menawarkan kemampuan analitik, memungkinkan Anda melacak efisiensi berbagai upaya pemasaran untuk menghasilkan prospek dan konversi.

Perangkat lunak CRM, yang dikombinasikan dengan otomatisasi pemasaran, memberi tim penjualan dan pemasaran seperangkat alat untuk mengelola seluruh saluran penjualan dan pemasaran, mulai dari kualifikasi prospek hingga manajemen peluang, perkiraan, dan penutupan kesepakatan.


Pengelolaan saluran penjualan ujung ke ujung melibatkan kombinasi sistem otomasi pemasaran (bagian atas saluran) dan fungsi CRM (bagian bawah saluran). Kami menyaksikan tren bahwa banyak platform CRM populer memperoleh atau mengembangkan sistem otomasi pemasaran mereka sendiri untuk menawarkan fungsionalitas tersebut. HubSpot, misalnya, menawarkan keduanya , sementara CRM lain memungkinkan integrasi yang mudah dengan sistem otomasi pemasaran lainnya.


Berikut daftar fungsi yang biasanya ditawarkan oleh platform CRM:

  • Manajemen prospek: CRM melacak prospek perusahaan, memungkinkan tim pemasaran memasukkan prospek baru ke dalam sistem (secara otomatis atau manual) dan untuk melacak serta menganalisis data tentang mereka.

  • Otomatisasi pemasaran: Beberapa CRM seperti HubSpot dan Salesforce menawarkan fungsi otomatisasi pemasaran untuk mengotomatiskan tugas-tugas membosankan tertentu di corong. Misalnya, sistem dapat secara otomatis mengirim email pemasaran kepada pelanggan pada waktu yang ditentukan oleh pemasar, atau mempublikasikan posting media sosial sesuai dengan jadwal. Tujuan otomatisasi pemasaran adalah untuk menjaga agar prospek penjualan tetap terlibat dan membantu mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar.

  • Otomatisasi penjualan: CRM dapat melacak interaksi pelanggan dan mengotomatiskan fungsi bisnis yang dipilih dari siklus penjualan yang diperlukan untuk mengikuti prospek dan menarik serta mendapatkan pelanggan baru.

  • Otomatisasi alur kerja: Sistem CRM membantu bisnis mengoptimalkan proses dengan merampingkan beban kerja biasa, yang memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas-tugas kreatif dan lebih banyak tugas tingkat tinggi.

  • Analisis: Solusi CRM dapat menawarkan alat analitik bawaan yang menawarkan wawasan dan membantu meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Seorang pemasar dapat menganalisis data dan membuat kampanye bertarget yang sesuai. Analisis CRM membantu melacak atribusi dan memberikan wawasan tentang kualitas pengalaman pelanggan.

  • Kecerdasan buatan: Solusi CRM seperti Salesforce menawarkan kemampuan AI yang dibangun ke dalam sistem mereka untuk membantu secara otomatis mengenali pola yang mengarah ke penjualan yang sukses, yang dapat membantu Anda membangun strategi yang lebih akurat untuk upaya pemasaran di masa depan.

Pengalaman pelanggan individu : Anda juga dapat menggunakan CRM untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi dan konsisten bagi calon pelanggan Anda di berbagai saluran pemasaran, yang dapat membantu meningkatkan konversi dan meningkatkan kesadaran merek.


Bagaimana Cara Kerja Platform CRM?


Saat perusahaan menghasilkan prospek yang berkualitas, CRM melacak tindakan calon pelanggan melalui saluran media sosial, email, dan situs web. Sistem menyerap informasi sebanyak mungkin tentang prospek sebelum memandu mereka — atau membantu Anda memandu mereka — melalui perjalanan terencana yang mencapai semua titik penting.


Contoh: Misalkan ada warga yang sedang mencari seseorang untuk mengecat rumahnya. Mereka menghubungi bisnis renovasi dan perbaikan, yang menanyakan tentang alasan pekerjaan cat, anggaran yang direncanakan, dan lokasi pekerjaan. Semua informasi ini masuk ke CRM perusahaan.


Jika calon klien menunjukkan alasan atau jadwal tertentu untuk pekerjaan cat dan juga menyebutkan rumah mereka membutuhkan lebih banyak perbaikan, bisnis melihat peluang penuh untuk penjualan. Ini dapat memicu serangkaian peristiwa, dari email otomatis dengan video yang menampilkan pekerjaan perusahaan hingga panggilan tindak lanjut yang dijadwalkan untuk 48 jam kemudian. Jika CRM menunjukkan bahwa orang tersebut mengunjungi kembali situs web perusahaan, rantai langkah penjualan lainnya dapat dipicu.


Sebaliknya, jika prospek ini menawarkan informasi yang menunjukkan bahwa mereka sekarang sedang mencari cat di toko-toko lokal untuk melakukan pekerjaan itu sendiri, prospek ini mungkin jatuh dari corong. Dalam hal ini, CRM akan mengecilkan prospek dan mengarahkan waktu tim penjualan ke prospek yang lebih mungkin.

Pada akhirnya, itulah salah satu manfaat terbesar dari sistem CRM: ini mengarahkan waktu dan upaya perusahaan ke arah yang paling menguntungkan, bukan dalam pendekatan "berbicara dengan semua orang dan berharap yang terbaik".

2 tampilan

Dapatkan

tarif murah
SIP-GSM-PSTN trunk

Garansi lebih murah dari vendor existing

PT Artatel Indokarya 
Jl Fatmawati Raya no 20, Ruko Fatmawati Mas
Blok B1/114 Jakarta Selatan  Indonesia 12430

WA (only) +6281510704000  Ph: 

ASIA Frontier Co., Ltd
#903, 1-6-41, Kamisuizenji, Chuo-ku Kumamoto-shi
862-0951 JAPAN
TEL 096-365 1192
FAX 096 365 1190

  • Facebookicon-min
  • Twitter-min
  • Youtube-min
  • Pinterest-min-removebg-preview-min (1)
  • Tumbler-min
  • IG-min

©2019 by PT Artatel Indokarya.

whats_app.png